Wednesday, April 1, 2009

Iklan Tagihan Tetap TELKOM Berpotensi Menyesatkan


Apa yang ada di dalam pikiran kita ketika ketika melihat iklan Tagihan Tetap Telkom? Mungkin banyak diantara kita yang mengartikannya sebagai promo baru dari Telkom yang sangat menguntungkan pelanggan. Karena dengan ilustrasi telepon yang dibawa-bawa kemana-mana tanpa harus kuatir tagihan, membuat kita berasumsi bahwa Telkom membuat paket unlimited call dengan membayar sejumlah biaya per bulannya. Well, kalau anda sempat berpikir seperti itu, nampaknya anda harus kecewa dengan pemikiran anda. Karena faktanya apa yang ada di pikiran anda tidak sama dengan apa yang ada di pemikiran pihak Telkom.

Tagihan Tetap menurut pemahaman Telkom adalah jumlah tagihan minimum tetap yang harus dibayarkan pelanggan walaupun mereka tidak menghabiskan quota yang diberikan. Dan jangan lupa menggarisbawahi kata minimum, itu artinya pelanggan masih harus membayar biaya kelebihan pemakaian jika mereka menggunakan telepon lebih dari quota yang diberikan untuk masing-masing paket.

Tagihan Tetap Telkom terdiri dari beberapa paket yang ‘katanya’ dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Paket termurah adalah 65.000 sementara untuk paket termahal adalah 1.500.000. Untuk paket termurah yang ditawarkan Telkom anda bisa mendapat 200 menit telepon lokal, 100 menit telepon SLJJ (hanya berlaku pada pukul 23.00-06.00), dan kelebihan tagihan untuk telepon lokal adalah Rp.120/menit, itupun belum termasuk tagihan anda menelpon nomer seluler lain selain Flexi. Jadi dengan paket 65.000 anda jangan berharap mendapat tagihan tetap sebesar 65.000 tiap bulannya kemungkinan malah akan lebih dari itu jika anda tidak berhati-hati dalam penggunaannya.

Kalau anda tidak tertarik dengan paket ekonomis yang ditawarkan Telkom, mungkin jauh lebih baik jika anda langsung memilih paket termahal yang mungkin saja dapat memberikan anda kepuasan yang jauh lebih baik. Dengan paket Tagihan Tetap 1.500.000 anda bisa mendapatkan (siap-siap!):

2400 menit telepon lokal! Whoaa itu sama dengan 40 jam loh!

600 menit telepon SLJJ yang dapat digunakan kapan saja (kalo gak ada yang ditelpon di luar kota sayang juga yah..)

Dan bonus…..

1500 menit telepon SLJJ pukul 23.00-06.00 (25 jam!!)

Dengan begitu jika ditotal-total untuk paket termahal, Telkom memberikan 75 jam quota bicara. Mungkin untuk Telkom ini adalah tawaran yang sangat realistis untuk kualitas pembicaraan telepon yang sudah pasti enggak akan putus-putus karena sinyal. Ditambah lagi tidak ada kemungkinan bahaya radiasi yang ditimbulkan dengan menelpon sebanyak 75 jam sebulan. Mungkin dengan semua keunggulan telepon rumah, Telkom menganggap harga tersebut sangat wajar dan memuaskan para pelanggan. Toh, beda harganya dengan tarif seluler termurah yang menawarkan kuota yang sama paling hanya 10 kali lipatnya saja.

Jadi, paket Tagihan Tetap mana yang akan anda gunakan untuk telepon rumah anda?

Sekian berita Serius! Gak Penting hari ini…


7 comments:

  1. bener2 gak penting produknya.. ga guna!!..

    ReplyDelete
  2. telkom sialan! gw tiap bulan cuma bayar abodemen doank!

    ReplyDelete
  3. Tagihan tetap ternyata lebih mahal jatuhnya, karena telp ke seluler tetap dikenakan biaya. Sudah saya non aktifkan, tetapi ternyata sudah hampir satu tahun tetap aktif. Otomatis telp yang jarang sekali saya gunakan tetap harus dibayar mahal. Telkom benar-benar brengsek.

    ReplyDelete
  4. Wah rugi gan.. jangan mau pake paket tagihan tetap... tetep aja lebih rugi. Kenapa? Karena:
    1. Layanan Free yg diberikan dari jam 23.00-06.00
    2. Harga paket yg diambil akan menjadi seperti abodemen pada tagihan anda (sebab waktu layanan free di atas)
    3. Ketika anda menggunakan telepon rumah di luar jam Layanan Free, tetap saja akan dihitung seperti biasa baik koneksi Lokal, Interlokal, apalagi seluler.

    Saran saya sebaiknya tetap gunakan sistem abodemen karena akan lebih terkontrol biaya pemakaian telepon rumah anda (lagian sapa lagi yg sering telpon2an tengan malem ampe subuh ^_^)

    #Saya adalah pengguna paket telepon rumah tagihan tetap selama 4 bulan dan tagihan telepon saya lebih membengkak dari biasanya. Alasan yang diberikan oleh CS Telkom di 147 adalah saya belum memaksimalkan penggunaan layanan free paket telepon rumah tagihan tetap (:lol: orang gratisnya tengah malem)

    ReplyDelete
  5. Saya barusan sudah menon-aktifkan paket tagihan tengik (PTT) ini, semoga direksi Telkom diampuni dosa2nya karena mengeluarkan produk yang dapat menjerat konsumen. Mana tempo hari, penawarannya bersifat sepihak via telepon saja utk mengaktifkan PTT, tp utk menonaktifkannya harus ke Plasa Telkom. Kupretttt, dikiranya kita orang pengangguran kali yg waktunya banyak. Ampuni mereka ya Allah!!! Amiiiin...

    ReplyDelete
  6. pantesan...tagihan telpon kok diatas 70rb setiap bulannya, padahal cuma dipake nerima doang

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Followers